Tags

, ,

Buvanest Spinal, apa kalian pernah dengar? kalau rada rada (rada inget, rada lupa) Buvanest spinal ini adalah sebuah tindakan anastesi bagi kandungan. Buvanest adalah nama obatnya sedangkan Spinal adalah lokasi dilakukannya tindakan medis yakni pembiusan alias anastesi.
komposisi buvanest spinal

Kegunaan buvanest spinal lazimnya bagi proses persalinan atau yang masih terkait dengan kandungan. Lalu istimewanya dimana? obat buvanest ini spesialis untuk kandungan. Berikut detailnya:

Komposisi:
Bupivacaine 5 mg/mL.
Bentuk Sediaan:

Cairan injeksi dalam vial 20 mL.

Farmakologi:

Merupakan anestetik lokal golongan amide yang menyebabkan blokade penyebaran impuls sepanjang serat saraf yangreversible dengan mencegah masuknya ion natrium melalui membran saraf, dan diperkirakan bekerja dalam kanal natrium membran saraf.

Jika jumlah obat yang berlebihan mencapai sirkulasi sistemik dengan cepat, akan muncul gejala dan tanda toksisitas, terutama dari sistem saraf pusat dan kardiovaskuler. Bupivacaine mempunyai lama kerja yang panjang dan potensinya sekitar empat kalinya lidocaine. Pada konsentrasi 5 mg/mL, lama kerja bupivacaine 2-5 jam setelah injeksi epidural tunggal dan hingga 12 jam setelah blok saraf perifer. Onset blokade lebih lambat dibandinglidocaine, khususnya jika menganestesi saraf yang besar.

Ikatan protein plasma 96%. Bupivacaine diekskresikan ke dalam urin. Untuk proses pemakaiannya perlu diketahui kontra-indikasi dan efek samping yang disebabkan obat buvanest spinal ini. So, catat yang berikut ini:

Kontraindikasi:

        Hipersensitivitas terhadap anestetik lokal jenis

amide

       atau komponen lain dari larutan BUVANEST 0.5%.
      Anestesi blok paraservikal obstetri.
      Anestesi regional intravena dan infus intravena
    Kontraindikasi umum terhadap anestesi epidural.


Peringatan dan Perhatian:
– 
Hati-hati pada pasien usia lanjut, pasien dengan kelainan fungsi ginjal, hati, dan kardiovaskuler.
– Perlu dilakukan aspirasi darah atau cairan serebrospinal sebelum injeksi anestetik lokal.
– Pada ibu hamil diberikan hanya bila manfaatnya pada janin lebih besar daripada risikonya.
– Tidak dianjurkan pemberian pada ibu menyusui.


Efek Samping:

Hipotensi, bradikardi, pusing, depresi napas, reaksi alergi.

Berdasarkan komposisi obat buvanest diatas, sudah jelas bagian mana yang perlu diwaspadai, bagian mana yang sebaiknya jangan menggunakan obat buvanest spinal ini dan Komposisi seperti apa, sehingga jika komposisi berbeda maka tidak dapat dikatakan sebagai obat buvanest spinal.

Advertisements